Apa Yang Dimaksud Dengan Psikologi
Pendidikan & Psikologi Sekolah ?
·
Psikologi Pendidikan
Psikologi
pendidikan adalah
ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan,
efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial
dari sekolah sebagai organisasi . Psikologi pendidikan berkaitan dengan
bagaimana siswa belajar dan berkembang, sering berfokus pada sub kelompok
seperti bakat anak-anak dan mereka yang khusus khusus penyandang cacat
Psikologi pendidikan adalah sebuah
pengetahuan berdasarkan riset psikologis yang menyediakan serangkaian
sumber-sumber untuk membantu anda melaksanakan tugas-tugas seorang guru dalam
proses belajar mengajar secara efektif.
Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana anak-anak belajar, mengingat dan berpikir dan bagaimana mereka mengembangkan mental selama proses pembelajaran. Anak-anak yang diamati dalam berbagai lingkungan seperti ketika mereka bekerja secara individu atau bagaimana mereka berinteraksi dalam kelompok. Pendidikan psikologi juga studi manusia serta perkembangan belajar sehingga dapat menciptakan materi pendidikan yang sesuai dengan usia dan program berdasarkan pengamatan serta terlibat dalam pengembangan program untuk anak-anak dan juga menentukan kualifikasi bagi individu yang bercita-cita untuk menjadi guru.
Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana anak-anak belajar, mengingat dan berpikir dan bagaimana mereka mengembangkan mental selama proses pembelajaran. Anak-anak yang diamati dalam berbagai lingkungan seperti ketika mereka bekerja secara individu atau bagaimana mereka berinteraksi dalam kelompok. Pendidikan psikologi juga studi manusia serta perkembangan belajar sehingga dapat menciptakan materi pendidikan yang sesuai dengan usia dan program berdasarkan pengamatan serta terlibat dalam pengembangan program untuk anak-anak dan juga menentukan kualifikasi bagi individu yang bercita-cita untuk menjadi guru.
·
Psikologi Sekolah
Psikologi
Sekolah adalah
bidang yang menerapkan prinsip-prinsip psikologi klinis dan psikologi
pendidikan dengan diagnosa dan pengobatan anak-anak dan 'remaja perilaku dan
masalah belajar. Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung
bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.
Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak.
Psikologi sekolah dapat melakukan penilaian psikologis dan memberikan bimbingan dan konseling baik untuk anak dan keluarga anak. psikolog sekolah yang dididik di psikologi, dan perkembangan anak remaja , anak dan psikopatologi remaja, pendidikan, keluarga dan pengasuhan praktek, belajar teori , dan teori kepribadian . Mereka memiliki pengetahuan tentang instruksi yang efektif dan sekolah yang efektif.
Apa Perbedaan Psikolog Pendidikan dan Psikolog Sekolah ?
Psikolog pendidikan melakukan penelitian tentang dinamika kelas, gaya mengajar dan belajar variabel. Belajar dan memperbaiki bagaimana sub-kelompok penduduk belajar-seperti anak-anak berbakat dan mereka yang cacat pembangunan. Perhatikan bahwa Psikolog pendidikan tidak boleh disamakan dengan konselor sekolah atau psikolog sekolah, yang membantu siswa satu-satu. Psikolog pendidikan umumnya bekerja di sekolah-sekolah, universitas, bisnis, industri, pusat belajar dan pengaturan pembangunan manusia. Psikolog pendidikan membantu dengan mendiagnosis dan memberikan alat untuk mengobati, membantu atau berurusan dengan perilaku atau tantangan.
Psikolog sekolah adalah
profesional terpercaya yang utama tujuannya adalah penerapan prinsip-prinsip
ilmiah belajar dan perilaku untuk memperbaiki sekolah terkait masalah dan untuk
memfasilitasi pembelajaran dan pengembangan anak-anak di sekolah-sekolah umum
Untuk mencapai tujuan ini psikolog sekolah menyediakan jasa untuk anak-anak,
guru, orang tua, masyarakat lembaga, dan sistem sekolah itu sendiri. berurusan
dengan mengidentifikasi anak-anak dalam sistem sekolah yang berfungsi pada
tingkat yang lebih tinggi pendidikan untuk usia serta anak-anak yang
menunjukkan pola perilaku tertentu seperti ADHD, disleksia atau hambatan
pidato. Perhatian juga diberikan kepada anak-anak yang cacat mental atau fisik.
Psikolog sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi
anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan
emosi.Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak
Apa Peranan/ Tugas dari Psikolog Pendidikan dan Psikolog Sekolah?
Apa Peranan/ Tugas dari Psikolog Pendidikan dan Psikolog Sekolah?
Peran Psikolog
Pendidikan :
Psikologi pendidikan adalah sebuah subdisiplin ilmu psikologi yang berkaitan dengan teori dan masalah kependidikan yang berguna dalam hal-hal sebagai berikut :
·
Penerapan prinsip-prinsip belajar
dalam kelas. Menilai belajar dan
kebutuhan emosional dengan mengamati dan konsultasi dengan tim multi-lembaga
untuk memberikan saran tentang pendekatan terbaik dan ketentuan untuk mendukung
pembelajaran dan pengembangan.
·
Mengembangkan dan mendukung program
pengelolaan terapi dan perilaku.
·
Merancang dan mengembangkan kursus
untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat dengan pendidikan anak-anak
dan remaja pada topik-topik seperti bullying.
·
Merancang dan mengembangkan
proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dan kaum muda.
·
Menulis laporan untuk membuat
rekomendasi formal tentang tindakan yang akan diambil, termasuk pernyataan
formal.
·
Menasihati, negosiasi, membujuk dan
mendukung guru, orang tua dan profesional pendidikan lainnya.
·
Menghadiri konferensi kasus yang
melibatkan tim multidisipliner tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan
sosial, emosional, perilaku dan pembelajaran anak-anak dan kaum muda dalam
perawatan mereka.
·
Mengutamakan efektivitas: konteks
dan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak dipandang sebagai semakin
penting.
·
Penghubung dengan profesional lain
dan memfasilitasi pertemuan, diskusi dan kursus;
·
Mengembangkan dan meninjau
kebijakan-kebijakan.
·
Melakukan penelitian aktif.
·
Merumuskan intervensi yang berfokus
pada penerapan pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk mendukung inisiatif
lokal dan nasional.
·
Mengembangkan dan menerapkan
intervensi yang efektif untuk mempromosikan kesejahteraan psikologis, sosial,
perkembangan emosi dan perilaku dan untuk meningkatkan standar pendidikan.
·
Mengembangkan tes pendidikan
·
Evaluasi program pendidikan.
Pengembangan dan pembaharuan kurikulum
·
Konsultasikan sekolah untuk
melaksanakan pengajaran dan pengujian perubahan
·
Ujian dan evaluasi bakat dan
kemampuan
·
Sosialisasi proses-proses dan
interaksi proses-proses tersebut dengan pendayagunaan ranah kognitif.
·
Penyelenggaraan pendidikan keguruan
·
Mengumpulkan data, merevisi tes dan
kegiatan belajar kelas dalam upaya untuk meningkatkan belajar dan mengajar gaya
antara mahasiswa, staf pengajar dan individu lainnya. Psikolog Pendidikan harus
statistik menyeluruh dan memiliki kemampuan tajam berpikir kritis
Peran
Psikolog Sekolah :
1.
Mengkomunikasikan hasil evaluasi
psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami
sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa.
2.
Melakukan penelitian tentang instruksi
yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan
intervensi kesehatan mental.
3.
Menilai dan mengevaluasi berbagai
masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang
ditugaskan.
4.
Intervensi langsung dengan siswa dan
keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan
keterampilan.Terlibat dalam pencegahan krisis dan layanan intervensi.
5.
Dapat melayani satu atau
beberapa sekolah di daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan
mental masyarakat dan / atau dalam lingkungan universitas.
Peran
psikolog sekolah dengan siswa untuk:
·
Memberikan konseling, pengajaran,
dan pendampingan bagi mereka berjuang dengan masalah sosial, emosi, dan
perilaku
·
Meningkatkan prestasi dengan menilai
hambatan belajar dan menentukan strategi instruksional terbaik untuk
meningkatkan pembelajaran
·
Mempromosikan kesehatan dan
ketahanan dengan memperkuat komunikasi dan keterampilan sosial, pemecahan
masalah, manajemen kemarahan, self-regulasi, penentuan nasib sendiri, dan
optimisme
·
Meningkatkan pemahaman dan
penerimaan beragam budaya dan latar belakang
Peran
psikolog sekolah dengan siswa dan keluarganya untuk:
·
Konsultasi dengan orang tua untuk
membantu dalam memahami pembelajaran dan penyesuaian proses anak-anak.
·
Mengajarkan keterampilan orangtua,
strategi pemecahan masalah, penyalahgunaan zat, dan topik lainnya yang
berkaitan dengan sekolah sehat.
·
Mengidentifikasi dan alamat belajar
dan masalah perilaku yang mengganggu dengan keberhasilan sekolah
·
Evaluasi kelayakan untuk layanan
pendidikan khusus (dalam sebuah tim multidisiplin)
·
Dukungan siswa sosial, emosional,
dan perilaku kesehatan
·
Mengasuh, Mengajar,dan meningkatkan
kolaborasi rumah-sekolah
·
Membuat arahan dan membantu
mengkoordinasikan dukungan layanan komunitas
Peran
psikolog sekolah dengan guru untuk:
·
Konsultasi dengan guru di
pembangunan dan implementasi kelas metode dan prosedur dirancang untuk
memfasilitasi murid belajar dan untuk mengatasi belajar dan gangguan perilaku.
·
Membantu pendidik dalam melaksanakan
suasana yang aman, kelas sehat dan lingkungan sekolah.
·
Mengidentifikasi dan menyelesaikan
hambatan akademis untuk belajar
·
Merancang dan mengimplementasikan
sistem monitoring kemajuan siswa
·
Desain dan intervensi akademis dan
perilaku melaksanakan
·
Mendukung instruksi individual
efektif
·
Memotivasi semua siswa untuk
terlibat dalam pembelajaran
Peran
psikolog sekolah dengan administrators untuk:
·
Konsultasi dengan sekolah
administrator tentang sesuai tujuan belajar untuk anak-anak, perencanaan
pembangunan dan perbaikan program untuk murid di reguler dan program-program
sekolah khusus, dan pengembangan pendidikan eksperimentasi dan evaluasi.
·
Mengumpulkan dan menganalisa data
yang berhubungan dengan perbaikan sekolah, hasil siswa, dan persyaratan
akuntabilitas
·
Melaksanakan program-program
pencegahan sekolah-lebar yang membantu mempertahankan sekolah positif iklim
kondusif untuk belajar
·
Mempromosikan sekolah kebijakan dan praktek
yang menjamin keselamatan semua siswa dengan mengurangi kekerasan di sekolah,
bullying, dan pelecehan
·
Menanggapi krisis dengan menyediakan
kepemimpinan, pelayanan langsung, dan koordinasi dengan pelayanan masyarakat
yang dibutuhkan
·
Merancang, melaksanakan, dan
mengumpulkan dukungan untuk program sekolah kesehatan jiwa yang menyeluruh
Peran
psikolog sekolah dengan masyarakat untuk:
·
Konsultasi dengan masyarakat
lembaga, seperti masa percobaan departemen, kesehatan mental klinik, dan
departemen kesejahteraan, tentang murid yang sedang dilayani oleh masyarakat
seperti lembaga.
·
Membantu siswa transisi ke dan dari
lingkungan sekolah dan komunitas pembelajaran, seperti perawatan perumahan atau
program peradilan anak.
0 komentar:
Posting Komentar