Pengertian Psikologi Pendidikan
Pengertian
psikologi pendidikan tak lepas dari dua akar katanya yaitu kata psikologi dan
pendidikan. Seperti yang kita tahu bahwa psikologi adalah ilmu jiwa. Lebih
jelasnya psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku
manusia, alasan dan cara mereka melakukan sesuatu itu. Karena psikologi
membahas hal demikian, maka jiwa seseorang , macam-macam gejalanya, proses dan
hal-hal yang melatar belakanginya dipelajari disini.
Selanjutnya
kata “Pendidikan” menurut KBBI adalah proses pengubahan sikap dan tata laku
seseorang atau kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya
pengajaran dan pelatihan. Kemudian psikologi pendidikan memiliki arti sebuah
disiplin ilmu psikologis yang mempelajari atau meneliti masalah psikologis yang
terjadi dalam dunia pendidikan baik faktor-faktornya maupun latar belakangnya.
Lebih
jelasnya, psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang memusatkan
perhatian pada perkembangan anak baik fisik maupun mental yang semuanya itu
berkaitan erat dengan tindakan belajar, pendidikan dan yang paling signifikan
adalah keberhasilan belajarnya.
Manfaat Psikologi Pendidikan
Manfaat
psikologi pendidikan dapat dinikmati oleh pendidik dan juga peserta didik
karena keduanya adalah komponen yang ada dalam pendidikan. Pendidik dituntut
untuk mengetahui arti penting dari psikologi pendidikan itu sendiri untuk
kebaikan dirinya dan peserta didiknya. Bagi pendidik, manfaat psikologi
pendidikan diantaranya; dapat merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat,
pendidik dapat memilih strategi atau metode pembelajaran yang tepat. Psikologi
pendidikan mampu membuat pendidik melakukan hal-hal tersebut untuk
kemudahan pembelajaran.
Selain
itu, pendidik dapat memberikan bimbingan dan bahkan konseling, dapat
memfasilitasi serta memotivasi belajar peserta didik, pendidik dapat
berinteraksi dengan tepat sehingga mampu menciptakan keakraban dan suasana
belajar yang kondusif, pendidik juga dapat memahami perbedaan setiap individu
sehingga setiap perlakuan yang diberikan akan dipertimbangkan terlebih dahulu.
Jika
pendidik sudah memperhatikan hal-hal diatas, maka secara otomatis peserta didik
juga akan mendapatkan manfaatnya. Dengan demikian, peserta didik akan menikmati
proses pengajaran baik dilakukan di kelas maupun di luar kelas. Hal ini akan membawa
peserta didik pada kesuksesan dalam belajarnya yang diharapkan akan berdampak
pada tingkah lakunya karena di sinilah yang merupakan titik penting psikologi
pendidikan tersebut.
Ruang
Lingkup Psikologi Pendidikan
Ruang
lingkup psikologi pendidikan banyak dikemukakan oleh para ahli, diantaranya hal
ini dikemukakan oleh Crow & Crow yang menjelaskan ruang lingkup pendidikan
dalam beberapa poin, diantaranya; sejauh mana faktor-faktor pembawaan dan
lingkungan berpengaruh terhadap belajar, sifat-sifat dari belajar itu sendiri,
hubungan tingkat kematangan dengan kesiapan belajar atau yang disebut dengan learning
readiness.
Selain
itu, perubahan-perubahan jiwa yang terjadi selama proses belajar, hubungan
antara prosedur mengajar dan hasil belajar peserta didik, cara atau teknik yang
sangat efektif untuk kemajuan belajar dan akibat/ pengaruh psikologis yang
ditimbulkan para peserta didik oleh kondisi sosiologis dan sebagainya.
Pada
intinya, psikologi pendidikan itu ruang lingkupnya membahas tentang
hereditas dan lingkungan, pertumbuhan dan perkembangan, hasil proses pendidikan
dan pengaruhnya, potensial dan karakteristik tingkah laku, dan evaluasi
belajar.
0 komentar:
Posting Komentar